Mitsubishi Outlander PHEV: Spesifikasi, Harga, Baterai, Performa, Fitur

Mitsubishi Outlander PHEV

Outlander PHEV hadir sebagai jawaban atas kebutuhan masyarakat akan kendaraan yang tangguh, canggih, dan ramah lingkungan. Mobil ini memadukan performa mesin bensin dengan efisiensi motor listrik, sehingga menghasilkan pengalaman berkendara yang luar biasa.

Mitsubishi Outlander PHEV telah melalui perjalanan panjang sejak pertama kali diperkenalkan pada tahun 2012. Mobil ini terus mengalami peningkatan dan penyempurnaan, hingga menjadi salah satu SUV PHEV terbaik di pasaran saat ini.

Alasan mengapa Mitsubishi Outlander PHEV menarik untuk diulas adalah karena kombinasi unik antara tenaga, efisiensi, dan fitur-fitur canggih yang dimilikinya. Mobil ini sangat cocok bagi mereka yang menginginkan kendaraan yang dapat diandalkan untuk perjalanan jauh, sekaligus ramah lingkungan dan hemat bahan bakar.

1. Desain Exterior

Mitsubishi Outlander PHEV tampil dengan desain eksterior yang stylish dan modern. Desainnya yang aerodinamis membuatnya terlihat agresif dan sporty, namun tetap elegan dan berkelas.

Tampilan Depan dan Belakang

Bagian depan Mitsubishi Outlander PHEV didominasi oleh gril besar dengan aksen krom. Lampu depannya yang sipit dan tajam memberikan kesan garang dan sporty. Sementara itu, bagian belakangnya terlihat kokoh dan berotot, dengan lampu belakang LED yang memanjang hingga ke samping.

Fitur Exterior

Mitsubishi Outlander PHEV dilengkapi dengan berbagai fitur eksterior yang canggih, seperti lampu LED, kamera 360 derajat, pelek alloy 18 inci, dan sistem pengisian daya pintar. Fitur-fitur ini tidak hanya meningkatkan tampilan mobil, tetapi juga memberikan kenyamanan dan keamanan bagi pengemudi dan penumpang.

Dimensi dan Bobot

Dimensi Ukuran
Panjang 4.695 mm
Lebar 1.810 mm
Tinggi 1.710 mm
Jarak Sumbu Roda 2.670 mm
Bobot 1.890 kg

2. Desain Interior

Mitsubishi Outlander PHEV memanjakan penggunanya dengan desain interior yang premium dan mewah. Kabinnya yang luas dan lapang memberikan kenyamanan maksimal bagi pengemudi dan penumpang.

Desain Kabin

Kabin Mitsubishi Outlander PHEV didesain dengan memadukan kemewahan dan fungsionalitas. Material berkualitas tinggi, seperti kulit asli dan aksen kayu, digunakan untuk menciptakan suasana yang elegan dan nyaman. Joknya yang ergonomis memberikan dukungan yang sangat baik, bahkan untuk perjalanan jauh.

Fitur Interior Unggulan

Mitsubishi Outlander PHEV dilengkapi dengan berbagai fitur interior unggulan, antara lain:

  • Jok kulit premium
  • Kemudi berlapis kulit
  • Panel sentuh berukuran 8 inci
  • Sistem audio premium
  • Sunroof
  • Pengatur suhu otomatis

Fitur-fitur ini tidak hanya meningkatkan kenyamanan dan kemewahan, tetapi juga memberikan kemudahan dan keamanan bagi pengemudi dan penumpang.

3. Performa dan Daya Jangkau

Mitsubishi Outlander PHEV memadukan performa tangguh dengan efisiensi bahan bakar yang luar biasa. Mobil ini mampu berakselerasi dari 0-100 km/jam hanya dalam 10,5 detik, berkat kombinasi mesin bensin 2.4 liter dan dua motor listrik.

Mesin Listrik Bertenaga

Mitsubishi Outlander PHEV menggunakan dua motor listrik bertenaga, masing-masing menghasilkan 82 PS dan torsi 137 Nm untuk motor depan dan 95 PS dan torsi 195 Nm untuk motor belakang. Kombinasi ini menghasilkan output daya sistem keseluruhan sebesar 224 PS dan torsi 450 Nm, memberikan akselerasi yang responsif dan tenaga yang melimpah untuk berbagai kondisi berkendara.

Jarak Tempuh Maksimum

Dengan baterai lithium-ion berkapasitas 13,8 kWh, Mitsubishi Outlander PHEV dapat menempuh jarak hingga 54 km dalam mode listrik murni. Ini memungkinkan pengemudi untuk melakukan perjalanan jarak pendek tanpa menggunakan bahan bakar sama sekali, sehingga menghemat biaya bahan bakar dan mengurangi emisi.

Waktu Pengisian Daya

Mitsubishi Outlander PHEV dapat diisi ulang menggunakan pengisi daya cepat (CHAdeMO) atau pengisi daya rumah biasa. Pengisian daya cepat dapat mengisi baterai hingga 80% hanya dalam 38 menit, sementara pengisian daya rumah memerlukan waktu sekitar 6 jam.

4. Teknologi dan Fitur Canggih

Mitsubishi Outlander PHEV dilengkapi dengan berbagai teknologi dan fitur canggih yang memanjakan penggunanya. Teknologi-teknologi ini dirancang untuk meningkatkan kenyamanan, keselamatan, dan pengalaman berkendara secara keseluruhan.

Sistem Infotainment

Mitsubishi Outlander PHEV menggunakan sistem infotainment layar sentuh berukuran 8 inci yang intuitif dan mudah digunakan. Sistem ini kompatibel dengan Apple CarPlay dan Android Auto, sehingga pengemudi dapat mengakses aplikasi favorit mereka, navigasi, dan musik saat berkendara. Sistem audio premium dengan enam speaker memastikan kualitas suara yang jernih dan menggelegar.

Fitur Keselamatan Lengkap

Mitsubishi Outlander PHEV mengutamakan keselamatan dengan berbagai fitur keselamatan lengkap, antara lain:

  • Pengereman otomatis
  • Pemantau blind spot
  • Peringatan keberangkatan jalur
  • Kamera 360 derajat
  • 7 airbag

Teknologi Bantuan Mengemudi

Mitsubishi Outlander PHEV juga dilengkapi dengan teknologi bantuan mengemudi yang canggih, seperti:

  • Cruise control adaptif
  • Sistem peringatan dan pencegahan tabrakan depan
  • Sistem bantuan menjaga lajur

Teknologi-teknologi ini memberikan dukungan tambahan bagi pengemudi, sehingga meningkatkan kenyamanan dan mengurangi kelelahan saat berkendara jarak jauh.

5. Harga dan Varian

Mitsubishi Outlander PHEV hadir dalam beberapa varian dengan harga yang kompetitif. Setiap varian menawarkan fitur dan teknologi canggih yang memberikan nilai lebih bagi penggunanya. Berikut adalah daftar harga dan varian Mitsubishi Outlander PHEV di Indonesia:

Varian Harga Fitur Unggulan
GLX Rp 715.700.000 – Jok kulit
– Sunroof
– Kamera 360 derajat
– Sistem infotainment layar sentuh 8 inci
P PHEV Rp 762.800.000 – Semua fitur GLX
– Pengisi daya nirkabel
– Sistem audio premium
– Cruise control adaptif
– Peringatan keberangkatan jalur
GT PHEV Rp 820.500.000 – Semua fitur P PHEV
– Jok depan berpemanas dan berventilasi
– Sistem navigasi
– Head-up display
– Pemantau blind spot

Selain di Indonesia, Mitsubishi Outlander PHEV juga tersedia di berbagai negara lain dengan harga dan varian yang berbeda-beda. Berikut adalah beberapa contohnya:

Negara Harga Ketersediaan
Jepang 4.693.000 Tersedia
Amerika Serikat $39.845 Tersedia
Inggris Raya 41.995 Tersedia
Jerman 44.990 Tersedia
Australia $54.990 Tersedia
Selandia Baru $77.990 Tersedia

Meskipun memiliki harga yang lebih tinggi dibandingkan mobil konvensional, Mitsubishi Outlander PHEV menawarkan biaya kepemilikan jangka panjang yang lebih rendah. Ini karena biaya bahan bakar yang lebih hemat dan perawatan yang lebih murah. Selain itu, beberapa negara juga memberikan insentif bagi pemilik kendaraan listrik, seperti keringanan pajak atau subsidi.

6. Kelebihan dan Kekurangan

Mitsubishi Outlander PHEV, seperti kendaraan lainnya, memiliki kelebihan dan kekurangan. Berikut adalah penjelasannya:

Kelebihan Mitsubishi Outlander PHEV

  • Hemat bahan bakar: Outlander PHEV dapat menempuh hingga 54 km dalam mode listrik murni, sehingga menghemat biaya bahan bakar.
  • Ramah lingkungan: Dengan kemampuannya berjalan dalam mode listrik, Outlander PHEV menghasilkan emisi gas buang yang lebih rendah.
  • Tenaga yang mumpuni: Kombinasi mesin bensin dan dua motor listrik menghasilkan tenaga yang besar dan akselerasi yang responsif.
  • Fitur canggih: Outlander PHEV dilengkapi dengan berbagai fitur canggih, seperti sistem infotainment layar sentuh, kamera 360 derajat, dan teknologi bantuan pengemudi.
  • Harga kompetitif: Dibandingkan dengan SUV PHEV lainnya, Outlander PHEV menawarkan harga yang relatif kompetitif.

Kekurangan Mitsubishi Outlander PHEV

  • Kapasitas bagasi terbatas: Baterai yang besar mengurangi kapasitas bagasi Outlander PHEV.
  • Harga lebih tinggi: Outlander PHEV memiliki harga yang lebih tinggi dibandingkan dengan mobil konvensional atau SUV PHEV lainnya.
  • Pengisian daya yang lama: Pengisian daya baterai Outlander PHEV menggunakan pengisi daya rumah membutuhkan waktu yang cukup lama.
  • Jarak tempuh listrik terbatas: Meskipun dapat menempuh hingga 54 km dalam mode listrik, jarak ini mungkin tidak cukup untuk perjalanan jauh.
  • Ketersediaan terbatas: Outlander PHEV belum tersedia di semua negara.

Detail Spesifikasi Mitsubishi Outlander PHEV

Mitsubishi Outlander PHEV hadir dengan spesifikasi yang mengesankan, memadukan performa tangguh dengan efisiensi bahan bakar yang luar biasa. Berikut adalah detail spesifikasinya:

Spesifikasi Detail
Model Mitsubishi Outlander PHEV
Sertifikasi Euro 6d-Temp
Tipe Bodi SUV
Penggerak 4WD
Tenaga Maksimum 224 PS
Torsi Maksimum 450 Nm
Kecepatan Maksimum 170 km/jam
Baterai Lithium-ion
Kapasitas Baterai 13,8 kWh
Jarak Tempuh NEDC 54 km
Pengisian Lambat/Cepat 3,5 kW / 50 kW
Ban 225/55 R18
Berat Kosong 1.890 kg
Dimensi 4.695 mm x 1.810 mm x 1.710 mm
Jarak Sumbu Roda 2.670 mm
Struktur Bodi monokok
Transmisi E-CVT
Kemudi Power steering elektrik
Pengiriman RWD / 4WD
Dimensi Kemasan (Contoh) 4.910 mm x 2.100 mm x 1.720 mm
Asal Jepang
Kode HS 8703241910
Kapasitas Produksi 50.000 unit per tahun

Tips Menggunakan Mitsubishi Outlander PHEV

Mitsubishi Outlander PHEV menawarkan perpaduan unik antara performa tangguh, efisiensi bahan bakar, dan fitur canggih. Untuk memaksimalkan pengalaman berkendara Anda dengan mobil ini, berikut beberapa tips yang dapat diikuti:

Tip 1: Manfaatkan mode berkendaraMitsubishi Outlander PHEV dilengkapi dengan tiga mode berkendara, yaitu EV, Hybrid, dan Power. Mode EV memungkinkan Anda berkendara hanya menggunakan tenaga listrik, sementara mode Hybrid secara otomatis beralih antara tenaga listrik dan bensin tergantung pada kondisi berkendara. Mode Power menggabungkan tenaga listrik dan bensin untuk memberikan performa terbaik.

Tip 2: Gunakan fitur pengisian daya terjadwalOutlander PHEV memungkinkan Anda untuk mengatur waktu pengisian daya baterai. Fitur ini berguna jika Anda memiliki tarif listrik yang lebih murah pada waktu-waktu tertentu. Anda dapat mengatur mobil untuk mengisi daya pada malam hari atau saat Anda tidak menggunakannya.

Tip 3: Manfaatkan pengereman regeneratifSaat Anda mengerem atau melambatkan Outlander PHEV, motor listrik bertindak sebagai generator dan mengisi ulang baterai. Manfaatkan fitur ini dengan mengantisipasi pemberhentian dan pengereman secara bertahap.

Tip 4: Jaga tekanan banTekanan ban yang tepat sangat penting untuk efisiensi bahan bakar dan pengendalian kendaraan. Periksa tekanan ban Outlander PHEV secara teratur dan pastikan sesuai dengan rekomendasi pabrikan.

Tip 5: Hindari beban berlebihBeban berlebih dapat mengurangi efisiensi bahan bakar dan performa Outlander PHEV. Hindari membawa barang yang tidak perlu dan jaga berat kendaraan seminimal mungkin.

Tip 6: Manfaatkan fitur hemat energiOutlander PHEV dilengkapi dengan berbagai fitur hemat energi, seperti AC hemat energi dan lampu LED. Gunakan fitur-fitur ini untuk memaksimalkan efisiensi bahan bakar.

Dengan mengikuti tips ini, Anda dapat memaksimalkan efisiensi bahan bakar, performa, dan kenyamanan Mitsubishi Outlander PHEV Anda.

Dengan memadukan teknologi canggih dan desain yang stylish, Mitsubishi Outlander PHEV menawarkan pengalaman berkendara yang luar biasa. Nikmati perjalanan yang nyaman, ramah lingkungan, dan hemat biaya dengan mengikuti tips yang telah diuraikan di atas.

Kesimpulan

Mitsubishi Outlander PHEV merupakan perpaduan sempurna antara performa tangguh, efisiensi bahan bakar, dan fitur canggih. Mobil ini menawarkan pengalaman berkendara yang ramah lingkungan, hemat biaya, dan nyaman.

Dengan teknologi mutakhir, desain stylish, dan harga kompetitif, Mitsubishi Outlander PHEV menjadi pilihan tepat bagi mereka yang mencari SUV modern dan efisien. Jangan lewatkan kesempatan untuk merasakan sensasi berkendara yang luar biasa dengan Mitsubishi Outlander PHEV.

Youtube Video:


Foto Galeri:

Ryan F
Ryan F

Ryan Fasha, lulusan universitas terkemuka di Indonesia, adalah nama besar dalam dunia penulisan artikel tentang mobil listrik. Dengan visi yang jelas dan keahlian yang luar biasa, ia menginspirasi jutaan orang dengan tulisan-tulisannya yang informatif dan memikat, menjadikannya sebagai pionir dalam mempopulerkan mobilitas berkelanjutan di tanah air.

Articles: 59

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *